manfaat Daun Jarak

Manfaat daun jarak memang telah banyak di kenal oleh banyak orang sebagai tanaman herbal multifungsi untuk kesehatan dan kecantikan, layaknya manfaat daun kelor. Bahkan, kini banyak orang yang tengah mencarinya karena di percaya dapat alternatif pengobatana untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan tak hanya daunnya, seluruh bagian dari tumbuhan jarak mulai dari akar, gerah daun buahnyapun pada umumnya dapat di gunakan.

Tanaman jarak (banyak juga orang yang memanggilnya jarak pagar) adalah salah tumbuhan hijau yang dapat tumbuh liar di berbagai musim dan tempat, terkecuali di daerah perairan. Tanaman ini pada umumnya memiliki tinggi batang antara 2-3 meter, dengan batang bulat licin, berongga, berbuku buku, tumbuh berseling serta memiliki daun dengan ujung dan sisi yang runcing.

Selain sangat baik untuk kesehatan, penelitian terbaru yang tengah di kembangkan terhadap tanaman jarak pada saat ini adalah perihal minyak jarak yang dapat di jadikan sebagai alternatif bahan bakar. Namun, pada kesempatan kali ini bukan itu yang akan kami bahas, melainkan tertuju secara spesisik terhadap kandungan dan apa khasiat daun jarak secara lengkapnya.

Kandungan dan manfaat daun jarak untuk kesehatan

Pasti beberapa diantara anda banyak yang bertanya mengapa tanaman jarak begitu istimewa untuk kesehatan? Hal tersebut di karenakan di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh manusia. Dan berikut kandungan senyawa yang mulai terdapat di dalam daun, akar, getah hingga biji daun jarak.

  • Kandungan pada daun: Kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin dan teraksrol.
  • Kandungan pada biji (jatropha curcas L.): B -glukanase (memiliki aktivitas antifungi), tosksalbumin dan curcin yang tidak hanya memiliki aktivitas sebagai antifungi (memiliki aktivitas sebagai antifungi hingga antikanker).
  • Ampas biji jarak: nitrogen, fosfat dan kalium.
  • Kulit batang jarak mengandung tanin, malam, resin dan juga saponin.
  • Kandungan pada getah: Flavonoid, saponin serta jatrophie yang bersifat sebagai antijamur.

Sebagai sebuah ilmu, kami berikan beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:

  • Pertajam penglihatan

Mata merupakan alat indera yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Tanpa mata yang sehat, penglihatan akan menjadi buram atau bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Berbagai media elektronik telah mengubah paradigma sesorang tentang kesehariannya. Sebagai contoh adalah televisi dan komputer yang mana sifatnya memberikan efek gambar dengan jarak yang sama. Akibat dari hal tersebut adalah terjadinya rabun jauh yang bagi kebanyakan pelajar pernah mengalaminya. Salah satu tumbuhan yang mengandung vitamin A yang banyak selain wortel adalah daun jarak. Manfaat daun jarak untuk kesehatan mata sangatlah terasa. Dengan mengkonsumsi daun jarak secara teratur baik di seduh maupun dijadikan lalapan, mata secara lambat laun akan memberikan ketajamannya kembali. Selain itu, mata pun akan selalu terawat dan selalu tetap sehat.

  • Mencegah penyakit

Daun jarak selain mengandung vitamin A, juga terkandung antioksidan didalamnya. Kegunaan zat ini adalah untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya baik dari polusi ataupun radiasi barang elektronik. Cara pengobatannya cukup mudah yaitu Anda cukup menyeduh air rebusan daun jarak dan minum secara rutin. Dengan demikian radikal bebas pun dapat dihindari sehingga tidak mengakibatkan berbagai macam penyakit pada tubuh.

Selain manfaat untuk kesehatan, manfaat daun jarak untuk kecantikan pula sangatlah terasa. Beberapa hal yang bisa diobati oleh daun jarak tersebut antara lain:

  • Menghaluskan serta mencerahkan kulit

Bagi kebanyakan wanita, memiliki kulit yang halus dan cerah menjadi sebuah keharusan yang selalu diusahakan. Siapa sangka bahwa kandungan dalam daun jarak terdapat vitamin C dan E yang memiliki kegunaan untuk merawat kulit dari dalam. Kandungan yang berguna untuk kulit tersebut juga mampu meregenerasi sel kulit yang baru agar cepat tumbuh. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan secara individu. Lakukan perebusan daun jarak dalam air bersih secukupnya. Setelah hampir setengahnya, dinginkan dan minum secara rutin setiap hari. Agar lebih maksimal, konsumsi rebusan daun jarak dilakukan pada malam hari ataupun pagi hari.

  • Menghilangkan jerawat

Jerawat memang sungguh menyebalkan. Baik yang muda maupun yang tua sering mengalami hal tersebut. Ini diakibatkan oleh pencemaran lingkungan serta pola hidup yang tidak baik. Polusi udara terutama di kota besar telah membuat penyumbatan di kulit wajah sehingga wajah tidak leluasa untuk bernafas. Disamping itu konsumsi makanan berminyak memperbanyak kandungan minyak pada tubuh dan wajah. Alhasil bersatulah minyak dan debu tersebut sehingga kulit menjadi bengkak dan mengakibatkan jerawat.

Dengan manfaat daun jarak untuk kecantikan terutama pada jerawat, Anda dimudahkan dalam mencari obat jerawat yang alami. Kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun jarak mampu mengatasi kulit yang dihinggapi kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan anti inflamasinya mampu mengatasi peradangan akibat munculnya bintik jerawat tersebut. Caranya cukup mudah dengan menghancurkan daun jarak secara ditumbuk atau diblender kemudian hasilnya kita taruh di wajah untuk dijadikan masker.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.