Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Bagian-bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Sebagai obat, gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai salep, losion, krim, dan sebagainya. Lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen. Tapi ada pula obat yang memakai keduanya. Berbagai produk olahan ekstrak lidah buaya sudah teregistrasi di BPOM RI.

Selain diproduksi menjadi obat-obatan, lidah buaya juga kerap dimanfaatkan masyarakat dalam bentuk alami. Para wanita biasa menjadikan lidah buaya sebagai teman baiknya dalam perawatan rambut dan kulit. Mereka percaya, lidah buaya bisa membuat rambut lebih indah dan kulit menjadi lebih halus.

Lalu bagaimana kenyataan dari khasiat lidah buaya?

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

1. Merawat kulit

Jika dioleskan, getah (gel) lidah buaya bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Ini karena kandungan air dari lidah buaya sangat tinggi. Lidah buaya memang sejenis tanaman kaktus yang bisa bertahan di lingkungan yang sangat kering, berkat kemampuannya menyerap air secara maksimal.

2. Meredakan iritasi dan gatal pada kulit

Tak hanya menjaga kelembapan kulit, Anda juga bisa meredakan berbagai masalah kulit dengan lidah buaya. Sejumlah penelitian telah membuktikan keampuhan lidah buaya dalam mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.

3. Mengobati luka bakar

Getah lidah buaya sering dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut memang mampu mendinginkan dan memperbaiki kerusakan jaringan pada bekas luka bakar. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari. Getah tanaman ini ampuh menghentikan penyerapan radiasi ultraviolet (UV) ke dalam kulit.

4. Melembutkan dan menutrisi rambut

Kalau rambut Anda mudah kusut dan rontok, oleskan getah lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan mudah diatur.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat lidah buaya juga bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya. Jika dikonsumsi, lidah buaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Mulai dari sembelit, perut kembung, irritable bowel syndrome (IBS), hingga penyakit asam lambung (GERD). Pasalnya, lidah buaya mengandung enzim dan bakteri baik yang mendukung fungsi usus dan lambung. Anda bisa mencampurkan lidah buaya dalam air atau teh hangat untuk diminum langsung.

6. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat lidah buaya yang cukup mengejutkan adalah menurunkan gula darah. Dalam sejumlah penelitian dan percobaan klinis, mengonsumsi 2 sendok makan daging lidah buaya per hari mampu menurunkan kadar gula darah bagi penderita kencing manis (diabetes tipe 2). Namun, hati-hati jika Anda juga sedang mengonsumsi obat penurun gula darah. Sebaiknya jika Anda ingin mencoba cara ini, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dulu.

7. Melawan peradangan

Jangan meremehkan manfaat lidah buaya untuk melawan peradangan yang jadi akar berbagai jenis penyakit. Kandungan antioksidan serta asam lemak dalam lidah buaya mampu meredakan gejala radang usus, radang dingin, radang tenggorokan, radang sendi, dan lain-lain.

8. Menangkap radikal bebas

Radikal bebas adalah penyebab kerusakan sel dalam tubuh yang datang dari polusi, bahan kimia dari makanan atau rokok, serta produk-produk perawatan kulit Anda. Kerusakan sel tersebut bisa mengakibatkan penuaan dini serta pertumbuhan kanker. Untuk menghentikan radikal bebas, vitamin A dan E dalam lidah buaya akan menangkap molekul-molekul berbahaya tersebut sebelum diserap dan merusak sel tubuh.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.